Ads Header

Pages

Minggu, 28 Februari 2010

Jangalaharja Itu Ya Rancah

Sambil nunggu Adzan Shubuh, dari pada ngebrowsing yang nggak2, mendingan ngelanjutin pembahasan mengenai desa jangalaharja. oke guys.???


Nah yang akan saya bahas ni mengenai "Jangalaharja berada di Kecamatan Rancah" misal, pembaca mendengar Kecamatan Rancah dan Pembaca harus langsung teringat "oh...Rancah...!!! Kecamatan yang mempunyai Desa Jangalaharja yang sangat Eksotis itu kan?". He...he...Secara tidak langsung sih...saya menghipnotis pembaca atau istilah kerenya memberi paradigma ke otak pembaca, nggk papa kan...???

Dimulai dengan Bismillahirrohman Nirrohim.
Rancah merupakan salah satu bagian dari wilayah Kabupaten Ciamis. Dengan luas wilayah 8.693,17 Ha dan jumlah penduduk 55.087 orang. Secara geografis Kecamatan Rancah merupakan daerah dengan kesuburan tanahnya tergolong subur dan berada pada ketinggian 650 M di atas permukaan laut serta memiliki curah hujan rata-rata pertahun 2400 mm dengan suhu udara rata-rata 28C dan dipengaruhi oleh dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Kecamatan Rancah berada di sebelah Utara Kabupaten Ciamis yang berbatasan:
 Sebelah Utara : Sungai Cijolang Kecamatan Subang, Kecamatan
Selajambe termasuk Kabupaten Kuningan.
 Sebelah Selatan : Kecamatan Cisaga dan Kecamatan Purwaharja.
 Sebelah Barat : Kecamatan Rajadesa.
 Sebelah Timur : Kecamatan Tambaksari.
Luas wilayah kecamatan Rancah kabupaten Ciamis adalah 8.693,17 Ha yang terdiri dari sawah, tanah kering, tanah basah dan lain-lain.



Keadaan Ekonomi di Kecamatan Rancah:
Dilihat dari pertumbuhan ekonomi, mata pencaharian penduduk Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis sebagian besar bermata pencaharian dalam bidang pertanian yaitu meliputi petani pemilik, peternak dan petani penggarap, tetapi di samping itu juga ada mata pencaharian seperti pegawai negeri, pedagang, TNI, polisi, buruh dan tukang.

KeAgamaan di Kecamatan Rancah:
Dalam bidang kehidupan beragama, masyarakat Kecamatan Rancah dapat menunjukkan keberhasilan terutama dalam menumbuh kembangkan kegiatan pengamalan syariat agama, walaupun terdapat perbedaan paham, namun nampaknya toleransi yang makin memantapkan kerukunan hidup beragama. Masyarakat Kecamatan Rancah mayoritas beragama Islam ("Alhamdulillah, teu aya Gereja").

Potret Kecamatan Rancah:






Jadi kalo pembaca mendengar kata Kecamatan Rancah, maka pembaca harus ingat tentang Desa Jangalaharja, Key...key...Cukup jangalaharja saja, jangan ada tambahan ke Andi Moch Januriana, ntar malah ngefans lagi ^_^"

0 komentar:

Posting Komentar